KAIDAH-KAIDAH PENTING MASALAH ASMA’ WA SIFAT(durus fittauhid 2)


Katakanlah: “Tuhanku Hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.“ (QS. Al-A’rf; 33)

“….(Tidak demikian), tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka; dia menafkahkan sebagaimana dia kehendaki..”(QS. Al-Maidah; 64)

Zahir dari ayat tersebut menyatakan bahwa Allah mempunyai dua tangan yang sebenaranya, maka wajib meneapkan hakikat dua tangan bagi Allah Ta’ala.
“Mengartikan yadun (tangan) dengan kekuatan adalah penyelewengan arti suatu perkatan dari zahirnya dan hal itu tidaklah diperbolehkan karena termasuk mengatakan sesuatu atas Nama Allah Ta’ala tanpa ilmu”

Yang BERHUBUNGAN DENGAN NAMA-NAMA ALLAH

1. SEMUA NAMA-NAMA ALLAH ADALAH BAIK
“Hanya milik Allah nama-nama yang baik..”(al-A’raf. 180)
2. Nama-Nama-Nya tdk dibatasi dgn bilangan tertentu
3. nama-nama-Nya tdk ditetapkan dgn akal, ttp dgn dalil sayarr’i
4. Semua nama-Nya menunjukkan Dzat-Nya&Sifat yg dikandungnya serta menunjukkan konsekuensinya jika nama itu dari Fi’il Muta’addi

Yang BERHUBUNGAN DENGAN SIFAT-SIFAT ALLAH Ta’ala

1. Sifat-Nya tinggi, Sempurna, Terpuji. Tdk mengandung sedikitpun kekurangan.
2. Terbagai dua:
-Subutiyyah(yang telah ditetapkan untk Diri-Nya sendiri). Terdiri dari dua; Dzatiyyah (mendengar dan melihat),dan fi’iliyyah (berkaian dengan kehendak).
-Salbiyyah(sifat yang Allah hilangkan dari Diri-Nya).

Apakah sifat Allah haqiqi?
Bolehkah kita mentakyyif & kenapa?
Apakah menyerupaia sifat makhluk-Nya?

Syirik Besar dan Macamnya
1. Syirik dalam do’a
2. Syirik dalam sifat Allah
3. Syirik dalam Mahabbah(kecintaan)
4. Syirik dalam ketaatan
5. Syirik Hulul
6. Syirik Tasharuf (tindakan)
7. Syirik Khauf (takut)
8. Syirik Hakimiayah

Penjelasan Syirik Besar dan Macamnya
Syirik dalam do’a, yakni berdo’a kepada selain Allah, baik kepada para Nabi atau wali, untuk meminta rizki atau memohon kesembuhan dari penyakit. Sebagaimana diterangkan didalam Al-Qur’an (QS: Yunus. 106)

Syirik dalam sifat Allah., seperti kepercayaan bahwa Nabi dan wali mengetahui hal-hal yang ghaib. Sebagaimana diterangkan didalam Al-Qur’an (QS: Al-An’am. 59)

Syirik dalam Mahabbah (kecintaan), yakni mencintai seseorang baik wali atau lainnya sebagaimana kecintaannya kepada Allah. Sebagaimana diterangkan didalam Al-Qur’an (QS: Al-Baqarah. 165)

Syirik dalam ketaatan, yakni ketaatan kepada ulama atau syaikh dalam kemaksiatan, dengan mempercayai bahwa hal tersebut boleh. Sebagaimana diterangkan didalam Al-Qur’an (QS: At-Taubah. 31)

Syirik Hulul yakni mempecayai bahwa Allah menitis kepada makhluk-Nya. Ini adalah aqidah Ibnu Arabi, seorang sufi yg meninggal di Damascus.

Syirik Tasharruf (tindakan), yakni menyakini bahawa sebagian para wali memiliki keleluasan u/ bertindak dalam urusan makhluk. Sebagaimana diterangkan didalam Al-Qur’an (QS: Yunus. 31)

Syirik Khauf (takut) yakni keyakinan bahwa orang yang sudah mati dapat mengatur dan mendatangkan mudharat, khususnya para wali, dan yang ghaib. Sebagaimana diterangkan didalam Al-Qur’an (QS: Az-Zumar. 36)

Syirik Hakimiyah (kekuasaan), yakni kesyirikan dengan membuat undang-undang yang bertentangan dengan syari’at. Atau menganggap bahwa hukum Islam tdk lagi sesuai dengan zaman.

CARA MENGHILANGKAN SYIRIK..?
1.) Beri’tiqad bahwa hanya Allah pencipta dan pengataur segala sesuatu.
2.) Memurnikan ibadah dan berdo’a hanya kepada Allah swt.
3.) Menyakini bahwasanya sifat-sifat Allah hanyalah milik Allah, dan tidak disamakan dengan sifat makhluk-Nya, atau sebaliknya.

Aadz

One thought on “KAIDAH-KAIDAH PENTING MASALAH ASMA’ WA SIFAT(durus fittauhid 2)

Silahkan tuliskan pertanyaan anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s