ALIRAN-ALIRAN PEMIKIRAN DALAM ISLAM


Materi pemikiran islam sempat menjadi perdebatan. Secara garis besar, kita dapat membedakan tiga bidang pemikiran islam, yaitu aliran kalam (teologi), aliran fiqih, aliran tasawuf. Pada kesempatan ini kita akan mengklarifikasi tiga bidang pemikiran tersebut dengan pendekatan kronologis yang terdapat dalam sejarah islam.

ALIRAN –ALIRAN KALAM
Sungguh kenyataan yang ironi , islam yang diyakini sebagai rahmat lil’alamin oleh penganutnya tidak selamanya positif. Selagi satu buktinya adalah ALBITRASE (tahkim) peristiwa ini membuat bencana bagi ummat islam sehingga terpecaah menjadi beberapa aliran

KHAWARIJ

Khawarij berasal kata kharaja yang berarti keluar. Nama itu diberikan kepada mereka karena mereka keluar dari barisan Ali R.A Demikian juga mereka namakan dirinya syurah yang berasal dari kata yasri (menjual). maksudnya mereka bersedia mengorbankan dirinya demi untuk mardhotillah.nama lain juga diberikan kepada mereka ialah hurairah,satu desa yang terletak didekat kota kufah yang jumlahnya dua belas ribu orang, disinilah mereka mengangkat Abdullah ibn abi wahb al-rasidi imam mereka sebagai ganti dari Ali. Dalam pertempuran melawan Ali akhirnya seorang kwawarij bernama Abd Al-rahman Ibnu muljam dapat membunuh ALI, kaum khawarij tidak mengakui pemerintahan Ali dan Usman bahkan mereka mengkafirkan usman dan Ali.

Khawarij pada umumnya terdari dari arab badui.hidup di padang pasir serba tandus cara hidup mereka serba sederhana, mereka suka kekerasan, oleh karena itu iman dan paham mereka merupakan iman dan paham sederhana pemikiran mereka sempit dan fanatik.

Pada awalnya khawarij merupakan aliran atau faksi politik ,karena pada dasarnya ,kelompok itu terbentuk karna persilisihan kepemimpinan umat islam.akan tetapi mereka membentuk suatu ajaran yang kemudian menjadi ciri utama aliran mereka , yaitu atas pelaku dosa besar (murtakib al-kaba’ir) menurut khawarij, orang-orang terlibat dan menyetejui hasil tahkim telah melakukan dosa besar, orang islam yang melakukan dosa besar , dalam pandangan mereka, telah kafir kafir setelah memeluk islam berarti murtad halal dibunuh berdasarkan hadits nabi man baddala dinah faqtuluh.oleh karena itu mereka memutuskan untuh membunuh ali namun yang berhasil mereka bunuh yaitu Ali sedangkan mu’awiah Abu Musa Al-Asy’ari, amr bin ash,tidak berhasil mereka bunuh. Dan akhirnya kaum khawarij juga terpecah menjadi beberapa subsekte diantaranya

Al-muhakkimah
AL- AZARIQAH
AL- NAJDAT
AL-AJARIDAH
AL-SUFRIAH
AL-IBADIAH

KAUM MURJI’AH

Sebagaimana halnya dengan kaum khawarij ,kaum murji’ah juga pada mulanya diambil dari persoalan politik tegasnya persoalan khilafah yng membuat perpecahan dikalangan islam setalah Usman bin affan mati terbunuh
Kaum murji’ah pada waktu itu tidak ikut campur dalam pertentangan-pertentangan yang terjadi ketika itu dan mengambil sikap menyerahkan penentuan hukum kafir atau tidak kafirnya orang-orang yang bertentangan itu pada tuhan sehingga menurut mereka yang berdosa besar itu tetap mengakui bahwa tiada tuhan selain Allah dan muhammad adalah utusannya. Dengan kata lain orang serupa itu tetap mengucapkan dua kalimat syahadat yang menjadi dasar utama dari iman .oleh karena itu orang berdosa besar menurut pendapat ini tetap mikmin dan bukan kafir

Jadi pendapat serupa ini dapat membawa kepada pendapat bahwa yang penting serta yang diutamakan adalah iman sedang perbutan hanya persoalan kedua .ini merupakan kesimpulan logis dari pendirian yang menentukan mukmin atau kafirnya seseorang hanyalah kepercayaan atau iman.jadi menurut pendapat Al-bazdawi “iman adalah kunci untuk masuk surga sedangkan amal akan menentukan seseorang itu tingkatannya dalam surga

Pada umumnya kaum murji’ah terbagi menjadi dua golongan ada yang Ektrim ada yang Moderat. Adapun golongan yang moderat ialah Al-hasan ibn muhammad, Abu hanifah, Abu yusuf, adapun yang extrim ialah Al-jahmiyah menurut golongan ini orang islam yang percaya pada tuhan dan kemudian menyatakan kekafirannya secara lisan tidaklah menjadi kafir. Karena iman dan kufur tempatnya hanyalah dalam hati ,bukan bagian lain dari tubuh manusia , bahkan orang demikian itu bagi Allah tetap merupakan seorang mukmin yang sempurna imannya

QADARIAH DAN JABARIAH

Tuhan adalah pencipta alam semesta .tuhan bersifat maha kuasa mempunyai kehendak yang mutlak disinilah timbul pertanyaan bagi kaum qodariyah, jabariah .sampai dimanakah manusia sebaga ciptaan tuhan, bergantung pada kehendak dan kekuasan mutlak tuhan dalam menentukan perjalanan hidupnya? Diberi tuhankah manusia kaemerdekaan dalam mengatur hidupnya? Ataukah manusia terikat seluruhnya pada kehendak dan kekusaan mutlak tuhan ?

Kaum qodariyah berkeyakinan bahwa manusia mempunyai kemerdekaan dan kebebasan dalam menentukan hidupnya.menurut paham qadariah bahwa manusia mempunyai kebebasan dan kekuatan sendiri untuk mewujudkan perbutan-perbuatannya dengan demikian nama qadariyah barasal dari pengertian bahwa manusia terpaksa tunduk pada qadar tuhan dalam bahasa inggrisnya desebut free will
Sedangkan jabariah berbendapat sebaliknya manusia tidak mempunyai kemerdakaan dalam menentukan kehendak dan kemauannya .manusia dalam paham ini terikat pada kehendak tuhan mutlak , jadi nama jabariah berasal dari kata jabara yang mengandung arti memaksa dalam arti manusia terpaksa dalam melakukan pekerjaan..

Mu’tazilah

Kaum mu’tazilah adalah golongan yang membawa persoalan-peraoalan teologi yang lebih mendalam dan bersifat filosofis daripada persoala-persoalan yang dibawa khawarij, murji’ah. Dalam pembahasan kaum mu’tajilah lebih mengedepankan sakal sehingga aliran ini dinamakan kaum rasionalis islam..
Kaum mu’tazilah berpendapat bahwa orang yang berdosa besar bukanlah mu’min dan bukanlah kafir akan tetapi mereka mengambil posis diantara keduanya tidak mu’min dan tidak kafir dalam arti moderat. Sedangkan dalam paham mu’tazilah tentang tuhan .bahwa tuhan dalam kaum mu’tazilah tidak berbuat buruk, karena perbutan buruk timbul hanya dari yang tidak bersifat sempurna, sedangkan tuhan bersifat maha sempurna..
Kepala mu’tazilah yang tertua Syekh Al-mu’tazilah wa qadil muha, sedangkan pembina pertama adalah Wasil ibn Ata’.
Dan mereka mu’tazilah juga berpendapat bahwa Al-qur’an dalam gaya dan bahasa tidak merupakan mu’jizat,Al-qur’an merupakan mu’jizat hanya dalam isi. sekiranya tuhan tidak mengatakan bahwa tidak ada manusia yang akan sanggup membuat karangan seperti Al-qur’an .mungkin ada manusia, kata Al-Nazzam, yang akan dapat membuat karangan yang lebih bagus dari Al-qur’an dalam gaya dan susunan bahasa dengan demikian kebenaran nabi muhammad dibuktikan oleh isi al-qur’an mengenai kabar serta cerita ummat yang lampau dan mengenai kabar-kabar tentang yang gaib dan yang tak dapat dilihat dan bukan oleh susunan dan bahasa Al-qur’an.
Jadi menurut mereka bahwa Al-qur’an itu kalam Allah yang bukan qodim atau kekal,tetapi hadits dalam arti baru dan diciptakan tuhan .. Al-Nazzam memberi penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan kalam atau sabda tuhan..kalam adalah suara yang tersusun dari huruf-huruf yang dapat didengar…suara bersifat baru,bukan bersifat kekal jadi menurut mereka bahwa Al-qur’an itu ciptaan tuhan yang tidak bersifat kekal dalam artian bahwa Al-qur’an itu adalah makhluk …

ALIRAN –ALIRAN FIQIH

Secara historis hukum islam dibagi menjadi diua pada zaman sahabat nabi .dua aliran tersebut ialah : madrasat al-madinah, madrasah al-bagdad atu madrasah al-hdits yaitu aliran madinah yang terbentuk karena sebagian sahabat ada yang tinggal di madinah , dan aliran baghdad atau kufah juga terbrntuk karena sebagain sahabat ada yang tinggal di kota tersebut

Aliran hukum islam yang masih ada pengikutnya hingga sekarang hanya beberapa aliran , diantaranya hanafiyyah, malikiyyah, syafi’iyyah, dan hanabillah .akan tetapi yang sering dilupukan dalam hukum islam ialah aplikasinya sebagaimana sebagian intlektual muslim di indonesia mereka berani membicarakan masalah islam akan tetapi ketika membahas masalah-masalah hukum islam mereka langsung terdiam karna mereka takut jabatan atau kedudukan mereka akan hilang di depan khalayak ramai, mereka takut untuk menerapkannya

ALIRAN-ALIRAN TASAWUF

Aliran tasawuf atau mistik islam atau dasarnya merupakan pengalaman al-tajribah seperitual yang bersifat pribadi meskipun demikian, pengalaman ulama yang satu dengan yang lain memiliki kesamaan- kesamaan disamping perbedaan-perbedaan yang tidak dapat diabaikan oleh karena itu, dalam tasawuf terdapat petunjuk yang bersifat umum tentang maqamat dan ahwal
Pada dasarnya tasawuf merupakan ajaran yang membicarakan kedekatan antara hamba dengan allah.dalam al-qur’an terdapat beberapa ayat yang menunjukkan kedekatan mhamba dengan tuhannya
وإذا سألك عبادى عنّى فإنّي قريب
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat..(Al-baqqrah 186)

ونحن أقرب إليه من حبل الوريد
dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya,(Qs Qaf 16)

Dan pada awalnya tasawuf merupakan tentang ajaran Al-zuhud oleh maka pelakunya disebut zahid , kemudian ia berkembang dan namanya diubah menjadi tasawuf dan pelakunya disebut sufi.zahid pertama yang termashur adalah Al-hasan al-basri (642-782 m) dan diantara pendapat yang terkenal dalam raswif adalah “orang mukmin tidak akan bahagia sebelum berjumpa dengan tuhannya. Didalam ajaran sufi
Bahwa tuhan berkehendak untuk menyatu dengan manusia ,suatu keadaan mental yang diperoleh manusia tanpa bisa di usahakan maka disebut hal atau ahwal
Jadi ajaran-ajaran tasawuf adanya unsur-unsur ajaran non islam unsur yang dianggap barpengaruh pada ajaran tasawuf adalah kebiasaan rahib keristen yang menjauhi dunia dan kesenagan materi,ajaran hindu,ajaran piythagoras tentang kontemplasi jadi jelas antara ajaran tasawuf dan ajaran –ajaran tersebut terdapat kesamaan

Demikianlah klarifikasi singkat dari kami tentang berbagai aliran-aliran yang ada dalam islam walaupun pembahasan dari kami kurang begitu komplit karna keterbasan kami sebagai mamusia…….

Aadz

Silahkan tuliskan pertanyaan anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s