Nasihat Al ‘Allamah as Syaikh Abdullah as Sa’ad (Ulama Pakar Hadits Saudi) seputar penggulingan Presiden Mesir, DR. Muhammad Mursi


sa'd
SEPUTAR PENGGULINGAN MURSI
Ada beberapa point yang disampaikan salah seorang pakar hadits Saudi, Al ‘Allamah as Syaikh Abdullah as Sa’ad seputar penggulingan Presiden Mesir, DR. Muhammad Mursi. Beliau memandang bahwa kudeta militer yang dilakukan militer terhadap presiden Mesir hukumnya tidak boleh dengan beberapa alasan sebagai berikut:
Pertama: Kudeta ini dilakukan dalam rangka memukul Islam
Kedua: kudeta militer mayoritasnya akan menimbulkan fitnah, keburukan dan adanya penumpahan darah serta pembunuhan warga sipil.
Ketiga: Di antara bentuk keburukan ini adalah adanya penahanan dan pencekalan terhadap para aktifis Islam dan para da’i, ditutupnya beberapa chanel televisi Islam serta prilaku buruk terhadap kalangan yang berjenggot dan wanita yang bercadar.
Keempat: Mengakibatkan beberapa ulama (yang tidak setuju kudeta) dicekal (tidak boleh memberikan ceramah). Di antara ulama tersebut adalah Syaikh Abu Ishaq al Huwani, Syaikh Muhammad Hassan dan Syaikh Muhammad Hussain Ya’qub.
Kelima: Kalangan yang mendukung kudeta diantaranya adalah kalangan Nashara dan para pengacau lainnya dengan menamakan diri ‘Gerakan Pemberontak’ . Alangkah buruknya nama gerakan ini dan diantara mereka secara terang-terangan menyatakan dukungannya kepada Basyar Asad (presiden Suriah/penganut Syi’ah Nushairiyah).
Keenam: Adanya pelecehan kehormatan dan pelanggaran atas larangan-larangan Allah. Media sendiri memblow up masalah ini bahkan pimpinan PBB pun ikut mengutuknya.
Ketujuh: Kaum oposisi yang mendukung kudeta adalah kalangan yang dikenal dengan permusuhannnya terhadap Islam dan kaum muslimin. Atau dikenal dalam track recordnya mempunyai prilaku yang buruk, menjadi budak barat yang kafir. Bahkan PBB sendiri punya andil yang buruk dalam menangani kasus Irak.
Kedelapan: Klimaks dari keburukan-keburukan ini adalah adanya perbuatan sewenang-wenang di rumah-rumah Allah dan pengepungan terhadap orang-orang yang menunaikan shalat.

Dengan adanya kudeta ini maka musuh-musuh Islam sangat gembira terlebih sosok seperti Basyar Asad, kalangan Yahudi dan Nashara. Yang lebih aneh lagi adanya luapan gembira dari kalangan yang menisbatkan dirinya pada Islam.
Oleh sebab itu saya ingin menyampaikan nasehat kepada setiap kalangan, di antaranya:

1.Saudara-saudaraku yang ada di Partai an Nur as Salafi; di antara mereka ada para penuntut ilmu. Tidak diragukan andil besar mereka dalam menyebarkan dakwah Islam dan ilmu yang benar. Mereka senantiasa berada dalam akidah yang benar. Saya menghimbau kepada mereka untuk menarik sikap mereka (dalam mendukung kudeta) dan berlepas diri dari kalangan yang melakukan kudeta atas peristiwa yang sudah terjadi. Allah berfirman: “Dan Janganlah kamu cenderung kepada orang-orang zalim yang menyebabkan kamu disentuh oleh api neraka“. (Hud: 113). Dan dalam ayat lain; “dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah), karena membela orang-orang yang berkhianat” (An Nisa: 105).
Mereka (kalangan partai An nur as Salafi) memandang bahwa dengan sikapnya yang setuju atas digulingkannya Mursi adalah dalam rangka mengurangi keburukan akan tetapi mereka tidak mendapatkan hal itu dan justru faktanya yang muncul adalah bertambahnya keburukan dan bertambahnya para korban dalam setiap harinya.

2.Saya menghimbau kepada segenap kaum muslimin untuk tetap berpegang teguh dengan tali agama Allah dan jangan berpecah belah. Sebagaimana Allah nyatakan: “Berpegang teguhlah kalian dengan tali agama Allah dan janganlah berpecah belah“. (Ali Imran: 103).
Termasuk dalam bentuk berpegang teguh dengan tali agama Allah adalah berpegang peguh dengan tauhid. Karena tauhid itulah Al Qur’an diturunkan dan para rasul diutus. Dalam menafsirkan ayat ini Imam thabari berkata; “Berpegang teguhlah kalian dengan agama Allah sesuai dengan perintah Allah kepada kalian dan sebagaimana yang dijanjikannya kepada kalian dalam kitab-Nya yaitu berupa lunak dan mau bersatu dalam kebenaran serta hendaknya tunduk kepada Allah”.

3.Kepada saudara-saudaraku dari putra-putra Islam yang kontra dengan kudeta ini jangan sampai pembelaan dan dukungan (kepada pemerintahan Mursi) menghantarkan kepada adanya unsur meremehkan tauhid atau mengakui seruan-seruan yang menyelisihi syariat. Di antaranya mengkampanyekan demokrasi yang sebenarnya berbeda dengan Islam. Atau mendeskripsikan sesuatu yang bukan syariat Allah menjadi syariat atau hal-hal lainnya yang menyelisihi syariat Allah dan rasul-Nya. Allah berfirman yang ditujukan kepada nabi-nya: “Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syari’at (peraturan) dari urusan agama itu, maka ikutilah syari’at itu dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui. Sungguh mereka tidak akan dapat menghindarkan engkau sedikitpun dari (azab Allah). Dan sungguh orang-orang yang zalim itu sebagian menjadi pelindung bagi sebagian yang lain; sedang Allah pelindung bagi orang-orang yang bertaqwa”. (Al Jatsiyah; 45).
Dalam riwayat Muslim yang bersumber dari sahabat ‘Iyadh bin Himar al Mujasyi’I; Pada suatu hari Rasulullah saw khutbah; “Ketahuilah sesungguhnya Rabb-ku memerintahkanku untuk mengajari hal-hal yang kalian tidak ketahui dimana Allah telah mengajarkanku pada hari ku ini…sesungguhnya Aku telah menciptakan para hamba-Ku dalam keadaan hanif. Kemudian syetan-syetan mendatangi mereka dan menjauhkan mereka dari agamanya. Mereka (syetan-syetan) mengharamkan kepada mereka (para hamba) hal-hal yang telah Aku halalkan dan memerintahkan mereka untuk mempersekutukan Aku dengan alas an yang tidak pernah Aku menurunkannya”.
Oleh sebab itu, hai penduduk Mesir, janganlah kalian digelincirkan syetan dari hanifiyah (tauhid) dan hendaknya tetap berada di sekeliling para dai tauhid yang memiliki trackrecord yang baik dalam masalah ilmu dan amal.

4.Kepada para ulama; Aku memberikan wasiat agar anda senantiasa tetap antusias dalam menyampaikan da’wah kepada khalayak ramai -yang senantiasa menginginkan kebaikan- dakwah tauhid yang murni dan menjelaskannya serta mengikis syi’ar-syiar yang menyimpang yang kadang para pembawanya tidak mengetahui makna dan konsekuensinya. Tentunya dalam hal ini semampu kalian. Allah berfirman: “Alif Lam Ra, kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang benderang dengan izin Rabb mereka. Yaitu menuju kepada jalan Tuhan yang Maha Perkasa dan Maha terpuji“.

5.Begitu juga kami menghimbau agar secepatnya membebaskan DR. Mursi, Syaikh Hazim Abu Ismail, Ir. Khairat as Syatir dan yang lainnya dimana mereka ditangkap secara zalim, khianat dan permusuhan.
Semoga Allah menyiapkan urusannya yang baik bagi Mesir dan seluruh warganya, memperbaiki agama mereka yang merupakan penjaga urussan mereka, memperbaiki urusan dunia mereka dimana (hal itu) merupakan kehidupan mereka, semoga Allah menyatukan barisan mereka di bawah satu panji yaitu panji Tauhid, semoga Allah merestui mereka dalam menerapkan syariat Allah swt serta menolak tipu daya musuh mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa dan Maha Bijaksana. Wa billahi Ta’ala at Taufiq.

Ditulis oleh Abdullah bin Abdurrahman as Sa’ad, 28-8-1434 H (di antara guru beliau adalah Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin, Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al Jibrin dll), Diterjemahkan oleh Abu Umair

4 thoughts on “Nasihat Al ‘Allamah as Syaikh Abdullah as Sa’ad (Ulama Pakar Hadits Saudi) seputar penggulingan Presiden Mesir, DR. Muhammad Mursi

  1. lho kog aneh yaa,kan saudi lah yg per-tama2 mmberikan dukungan/ucapan slamat dllnya kepada militer mesir,
    kog ulama saudi tsb ga protes langsung sama ‘the house of saud’,saya duga dia takut di deport ntah kemana kalo brani
    protes ke kerajaan saudi yg ga pernah salah,yg selalu benar,yahh raja2 saudi mmg identik sama kebenaran….??

Silahkan tuliskan pertanyaan anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s