IBADAH YANG TERLUPAKAN


jamaah_nabawi_bnyk

Bismillah…, shalawat dan salam untuk Rasulullah dan keluarga beserta sahabatnya dan pengikutnya sampai hari kiamat.

Di akhir zaman ini umat Islam semakin disibukkan dengan berbagai aktivitas yang cukup mengambil banyak waktu dan tenaga, sebagai muslim yang cerdas hendaknya kita mampu memanajemen waktu dan aktivitas kita sehari-hari. Terkadang kita kehilangan moment yang sangat bernilai untuk akhirat kita namun banyak diantara kita tidak menyadarinya atau mungkin sadar namun tidak berdaya untuk mengambil moment tersebut.

Wahai saudaraku coba kita pikirkan apa kira-kira moment penting yang kebanyakan umat Islam kehilangan dan lalai terhadapnya? Benar, salah satu moment penting yang terlupakan adalah TABKIR. Apa itu? Tabkir yang saya maksud disini adalah tabkir dalam shalat berjamaah atau dengan kata lain “datang lebih awal dalam melaksanakan shalat berjamaah di masjid”.

Hanya dengan menyempatkan sedikit waktu dan tenaga kita dapat meraih pahala yang besar dari tabkir. Jangan biarkan setan membisikkan kepada kita berbagai alasan dan udzur untuk tidak melaksanakan tabkir.

Dengan tabkir kita bisa menjawab adzan dibelakang muadzin, dengan tabkir kita tidak kehilangan pahala shalat tahiyatul masjid dan dengannya kita bisa mendapat fadhilah shalat antara adzan dan iqamah dan tidak lepas dari kita waktu mustajab untuk berdoa. Semoga Allah memberikan taufiq-Nya kepada kita.

Saiid bin Al-Musayyib bercerita tentang dirinya bahwasannya dia selama 40 tahun tidaklah mendengar muadzin kecuali dia(Saiid) telah berada di dalam masjid. Artinya beliau selama 40 tahun tidak pernah meninggalkan tabkir semasa hidupnya walaupun sekali.

(Artikel diterjemahkan dari situs Islam way. Alih bahasa : Abu Royyan)

Silahkan tuliskan pertanyaan anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s