DAKWAH SALAF MENGAJAK PADA KEBENARAN


Ust Anung

Ust Umar

“Dan sesungguhnya telah Kami utus seorang rasul pada setiap ummat agar mereka menyeru, Beribadahlah kalian semua kepada Allah dan jauhilah thaghut”. (An-Nahl : 36)

“Dan tidaklah Kami utus seorang rasul sebelum kamu (Muhammad), kecuali telah Kami wahyukan kepadanya bahwa sesungguhnya tiada ilah (sesembahan yang benar) kecuali Aku, maka sembahlah Aku.” (Al-Anbiya : 25)

“Dan tidaklah kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (Adz-Dzariyat : 56)

Alhamdulillah atas izin Allah Azza wa Jalla Forum Study Sekte-Sekte Islam (FS3I) bekerjasama dengan DKM Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia Depok pada tanggal 20 April 2013 dengan lancar telah mengadakan dauroh ilmiah sehari dengan tema “Siapa Khawarij” dan “Dakwah Salaf mengajak kemana”. Peserta yang hadir cukup antusias mengingat pentingnya tema dauroh kali ini.

Banyak terjadi fitnah di akhir zaman baik berupa fitnah pemikiran maupun hawa nafsu sehingga menjadi sulit bagi umat akhir zaman ini untuk membedakan mana yang hak dan mana yang bathil. Hal ini terjadi karena umat Islam jauh dari Al-Quran dan As-Sunnah sehingga banyak dari umat ini menempuh jalan yang menyimpang dari apa yang ditempuh oleh salafush shalih. Oleh karena itu FS3I sebagai forum kajian bagi umat Islam berusaha menjadi fasilitator bagi umat ini untuk mengkaji berbagai aliran dan pemikiran sehingga umat Islam bisa bersatu menempuh jalan sesuai yang diharapkan Allah Azza wa Jalla dan Rasul-Nya.

Pada sesi yang pertama untuk dauroh kedua ini kembali ustadz Anung Al-Hamat,Lc., M.Pd.I menyampaikan ilmu dan hasil studi beliau tentang sekte-sekte dalam Islam. Kali ini beliau membahas tentang Khawarij. Dengan mengumpulkan dari beragam literatur baik perkataan para ulama Ahlus Sunnah maupun kitab-kitab mereka ustadz berusaha menyampaikan kajian seobjektif mungkin tanpa ragu-ragu. Beliau memaparkan tentang ciri-ciri khawarij dan sejarah munculnya kelompok sesat ini.Serta meluruskan kekeliruan sebagian kalangan yang terlalu mudah memvonis dengan label Khawarij kepada pegiat syariat Islam. Setelah sesi tanya jawab, kemudian beliau menutup sesi pertama ini dengan quisioner agar acara lebih semarak.

Selesai melaksanakan ibadah shalat dhuhur dan istirahat dimulailah sesi kedua dengan tema manhaj salaf. Kembali FS3I menghadirkan seorang ustadz yang kompeten dalam dakwah salaf yaitu ustadz Oemar Mita Lc. Walau dalam kondisi kurang fit karena beliau sedang sakit ustadz berusaha menyampaikan materi penting ini kepada peserta yang menunggu sejak pagi. Seperti biasa dengan gaya penyampaian yang menarik ustadz Oemar menyeru umat untuk kembali pada manhaj salaf. Setelah selesai mengungkapkan sebab-sebab terpecahnya umat Islam beliau mengemukakan akan urgensinya untuk kembali menapaki jalan salafush Shalih karena hal ini merupakan bentuk ketaatan pada pembawa risalah yaitu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Karena terbatasnya waktu maka ustadz berusaha menyampaikan point-point penting dalam dauroh kali ini dengan singkat. Kemudian pada akhir acara banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta dauroh sehingga ustadz harus menjawab semua pertanyaan dengan singkat dan jelas. Dan ternyata peserta tetap semangat dalam mengikuti dauroh kali ini sampai penghujung acara. FS3I memberitahukan insyaallah dauroh berikutnya direncanakan akan di adakan sekitar bulan Juli 2013. Wa billahi taufiq. ( Abu Royyan)

Silahkan tuliskan pertanyaan anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s